Universitas Gadjah Mada Muhammad Habibi
Pasca
Sarjana 13/354450/PKU/13925
Ilmu
Kesehatan Masyarakat KP-MAK
SIKLUS
RASIONAL PROBLEM SOLVING
Pada
Permasalahan Pasien Miskin (SKTM)
di RSUD
Ratu Zalecha Martapura
Keterangan :
Masalah :
Pada saat Rumah Sakit Umum sebagai fungsi sosial tetap
diisyarakatkan untuk tetap melayani masyarakat tidak mampu, maka diperlukan sebuah kebijakan yang bisa
membuat masyarakat miskin yang tidak terdaftar di Jamkesmas dan Jamkesda tetap
dapat terlayani di Rumah Sakit
Akar Masalah :
Secara umum akar masalah adalah tingkat kapitasi
kepesertaan yang terbatas, tidak mencakup luas semua masyarakat yang tergolong
miskin
Dalam Pedoman Pelaksanaan Jamkesmas maupun
Jamkesda, kepesertaan tidak dapat secara otomatis dimasukan. Ada beberapa
syarat tertertu seperti kalangan gelandangan, keadaan penyakit-penyakit
tertentu dan lain-lain yang hanya dapat secara otomatis dapat dijamin.
Masyarakat yang berobat RS seringkali tergolong miskin dan atau sadikin yang
ingin mendapatkan bantuan biaya pelayanan seringkali dihadapkan pilihan harus
keluar paksa (APS/APK) karena tidak ada biaya.
Salah satu fungsi sosial RSU yang
diamanatkan melayani masyarakat miskin diharuskan tetap membantu masyarakat
tersebut dengan tetap berpedoman kepada aturan keuangan yang bisa dipertanggung
jawabkan
Kebijakan
:
Beberapa opsi kebijakan yang diajukan
adalah tidak diberi jaminan, namun hal ini bertentangan dengan fungsi sosial
RS. Kepada dinas kesehatan di ajukan untuk
dimasukan di kepesertaan Jamkesda, namun tidak bisa karena sesuai pedoman
pelaksanaan (manlak) bertentangan.
Opsi
yang dipilih adalah dibuat peraturan Bupati yang tertuang dalam Perbud no 11
tahun 2011 yang memuat aturan-aturan pokok :
a. Pasien adalah masyarakat miskin
yang dilegitimasi oleh perangkat desa,
kelurahan dan kecamatan,
b. Pasien dapat dibantu namun tidak seluruhnya (berupa keringanan),
c. Sistem dan dana yang digunakan adalah Cost Sharing dari pendapatan RS,
d. Beberapa kategori penyakit tidak dapat dibantu keringanan
Priority Making :
Kebijakan Pemberian Jaminan Kepada
Masyarakat Miskin non Jamkesmas/Jamkesda
Pasien rawat inap di RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
Pertimbangan-pertimbangan
|
Bobot
|
Tidak diberi jaminan
|
Jamkesda
|
Jaminan RS (cost sharing)
|
|||
Skor
|
Skor X Bobot
|
Skor
|
Skor X Bobot
|
Skor
|
Skor X Bobot
|
||
Need factor
|
|
|
|
|
|
|
|
Cakupan pemanfaatan
|
5
|
0
|
0
|
1
|
5
|
0,5
|
2,5
|
Kemanusiaan (penderitaan karena sakit)
|
6
|
0
|
0
|
1
|
6
|
1
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Social cultural aspects
|
|
|
|
|
|
|
|
Penerimaan kultural dan sosial
|
3
|
0
|
0
|
1
|
3
|
1
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Economic considerations
|
|
|
|
|
|
|
|
Kehematan dana pemerintah
|
4
|
1
|
4
|
1
|
4
|
1
|
4
|
Kehematan biaya si sakit
|
5
|
0
|
0
|
1
|
5
|
0,5
|
2,5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Competitiveness aspect
|
|
|
|
|
|
|
|
Mutu pelayanan
|
5
|
1
|
5
|
1
|
5
|
1
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Akses Administrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
Kemudahan kapitasi
|
5
|
1
|
5
|
0,5
|
2,5
|
1
|
5
|
Persyaratan admnistrasi
|
5
|
1
|
5
|
0
|
0
|
0,5
|
2,5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
|
|
4
|
19
|
6,5
|
30,5
|
6,5
|
30,5
|
Keterangan
:
Dari skala prioritas
nampak bahwa antara jamkesda dan SKTM mempunyai skor yang berimbang. Dan untuk pada saat ini, pilihan Jaminan SKTM
adalah hal paling mungkin dilakukan mengingat kepesertaan Jamkesda yang sesuai
SK bupati, dengan revisi minimal persemester.
Pendukung Vs Penantang
Kebijakan Jaminan SKTM
|
KEBIJAKAN PERDA NO 11 TAHUN 2011 TENTANG PELAYANAN SKTM DI RS
|
ANALISIS STAKE HOLDER
|
Stakeholder
|
Status
|
Penjelasan
|
Pro
|
Netral
|
Kontra
|
Bupati
|
Netral
|
Disatu sisi masyarakat bisa terlayani, disisi lain berarti tingkat
kemiskinan yang belum teratasi
|
|
2
|
|
Perangkat pemerintahan camat,lurah, ketua RT
|
Pro
|
Bisa membantu masyarakat dengan jalan memberikan rekomendasi dan surat
keterangan tidak mampu
|
3
|
|
|
Masyarakat Miskin
|
Pro
|
Mereka akan senang, karena warga yang tercover kepesertaan bisa mempunyai
kesempatan mendapat bantuan
|
3
|
|
|
Masyarakat yang pura-pura miskin
|
Pro
|
Mempunyai piihan menarik ketika mereka ingin mengirit biaya
|
3
|
|
|
Dinas Kesehatan
|
Pro
|
Tidak direpotkan dengan urusan klaim peserta non jamkesda
|
2
|
|
|
Kepala Dinas Kesehatan
|
Kontra
|
Mempunyai implikasi buruk terhadap kinerjanya, masyarakat miskin ternyata
masih banyak yang tidak tercover jamkesda
|
3
|
||
Rumah Sakit
|
Netral
|
Menjalankan fungsi sosialnya sebagai pelayan masyarakat
|
3
|
|
|
Direktur Rumah Sakit
|
Netral
|
Disatu sisi direktur mendukung karena secara tidak langsung mengangkat
citra, namun disatu sisi adalah kerugian pihak RS
|
3
|
||
Medis dan Paramedis Fungsional
|
Kontra
|
Tidak terlalu suka dengan program ini karena terkadang membuat masyarakat
manja berpura pura miskin
|
3
|
||
Bagian Program dan Keuangan RS
|
Kontra
|
Secara keuangan RS membuat pengeluaran yang semestinya oleh dinas
kesehatan
|
2
|
|
|
Total
|
|
|
11
|
7
|
9
|
Ket :
Untuk game
theory, terlihat lebih total pro lebih banyak dari kontra.
mohon di comment teman-teman ...
BalasHapus